5 Jenis Tanaman yang Bisa Mengharumkan Ruangan

Tanaman dalam ruangan tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan para penghuninya. Diantara berbagai manfaatnya yakni bisa membuat udara lebih segar, menyegarkan mata, menyerap karbondioksida, mengurangi stres, menjaga kelembapan dan membersihkan racun di udara.Beberapa jenis tanaman hias mempunyai manfaat sebagai aroma terapi yang bisa membuat wangi pada ruangan. Siapapun pasti menginginkan ruangan yang harum, tetapi kebanyakan orang mendapatkan keharuman rangan melalui bahan kimia, bukan harum alami. Jika kamu menginginkan harum yang alami, kamu bisa mewujudkan dengan memakai tanaman hias.

1. Lavender
Bunga lavender bisa ditanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Jika di luar ruangan, tanam lavender di tanah yang memiliki drainase baik dan terkena paparan sinar matahari penuh. Jika ditanam di dalam ruangan, kamu harus memastikan kalau lavender itu mendapat sinar matahari yang cukup dan simpan tanaman dalam suhu yang sejuk.

2. Anyelir
Tanaman lain yang bisa kamu tanam di rumah adalah anyelir atau dalam bahasa Inggris disebut carnation. Bunga yang meiliki nama latin Dianthus caryophyllus ini tidak hanya cantik dan wangi, tetapi bisa hidup di lingkungan yang memiliki polusi udara. Di Indonesia, bunga anyelir ini dapat di kenal dengan nama bunga teluki. Langkah menanam bunga anyelir tidaklah susah. Bunga anyelir itu tumbuh pada daerah dengan suhu tengah 20-27 derajat celcius. Letakkan tanaman pada daerah yang terlindung dari sinar matahari selekasnya. Pakai media tanam yakni tanah, kompos serta sekam bayar. Penyiraman bunga anyelir itu satu hari sekali pada watu pagi atau sore hari.

3.Begonia Cane
Begonia merupakan salah satu tanaman hias yang bisa di bawah naungan (shade plants) karena kebutuhan cahaya matahari rendah, sehingga bisa juga dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Selain sebagai hiasan, ternyata begonia bisa juga dijadikan obat untuk menyembuhkan luka, mengobati disentri, sakit tenggorokan, bahkan keputihan. Begonia sayap malaikat ini tercipta dari proses hibrida antara spesies Begonia aconitifolia dan B. coccinea. Beberapa jenis begonia cane memiliki bunga yang besar dan wangi. Biasanya begonia cane ini ditanam di luar ruangan, namun bisa juga ditanam di dalam rumah. Warna daunnya bermacam-macam. Daun-daunnya ada yang berwarna merah muda, putih, atau ungu.

4. Geranium Citrosa Queen Of Lemon.
Dengan menempatkan tanaman ini di rumah, maka dipastikan hunianmu akan terbebas dari serangga yang cukup merugikan ini. Zat citronella yang terkonsentrsi pada daun tanaman geranium akan mempu mengusir nyamuk dengan ampuh. Bagian tanaman yang beraroma lemon adalah daunnya, bukan bunganya, ya!

5. Gardenia
Gardenia adalah salah satu jenis tanaman yang sangat direkomendasikan untukmu yang menyukai aroma harum alami yang dikeluarkan oleh bunga. Tempatkan tanaman pengharum alami ini pada ruangan yang bersuhu hangat dan kelembaban tinggi maka akan menimbulkan aroma khas dari bunga gardenia yang barwarna putih ini yang beraroma manis segar. Terlebih saat bunga baru saja mekar.

Nah, dengan menanam tanaman diatas kamu tak harus repot-repot untuk membeli pengharum ruangan lagi bukan?

(Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *