7 Bisnis Pertanian Menggiurkan Era 4.0

Bisnis pertanian belakangan ini mulai kembali dilirik. Pasalnya bisnis pertanian selain menjanjikan juga menghasilkan pendapatan yang terus berkelanjutan. Terlebih, saat ini revolusi industri 4.0 sudah memasuki semua sektor, termasuk sektor pertanian. Ya bidang pertanian. Ternyata, banyak sekali peluang usaha bidang pertanian modern yang dapat dijadikan ladang bisnis. Apa saja ide bisnis yang memiliki prospek gemilang di era 4.0? Berikut ulasannya:

  1. Sayuran dan Buah Organik
    Pola hidup sehat sedang menjadi trend saat ini. Masyarakat kini lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dan lebih memilih sayuran organik. Peluang usaha ini bisa meraup keuntungan yang menjanjikan. Pasalnya permintaan pasar akan kebutuhan sayur organik semakin lama semakin tinggi. Keuntungannya selain memang produknya sehat, sayuran atau buah organik punya nilai jual yang tinggi. Anda bisa menawarkan produk pertanian organik di supermarket modern atau secara daring (online). Meskipun keuntungan harga jual yang lebih besar, untuk mengelola pertanian organik dibutuhkan keuletan lebih tinggi. Kenapa? Karena ditanam secara alami tanpa pestisida membuat tanaman harus lebih dijaga dari masalah hama.
  2. Pupuk
    Permintaan pupuk tidak pernah sepi karena kebutuhan para petani sangat tinggi, apalagi ketika memasuki masa tanam. Kementerian Pertanian (Kementan) menilai pupuk merupakan kunci kemajuan pertanian di era modern. Hasil penelitian menunjukkan, pupuk menyumbang 20%-40% dalam meningkatkan produktivitas tanaman pertanian.
  3. Alat dan Mesin Pertanian
    Mungkin yang tertanam di benak Anda ketika mendengar usaha alat – alat pertanian adalah modal yang besar. Tidak juga, karena untuk memulai usaha ini bisa dimulai dengan modal yang minim. Contohnya menjadi reseller atau distributor alat-alat pertanian. Peluang usaha alat – alat pertanian cukup menjanjikan karena di era 4.0 ini diperlukan alat -alat pertanian yang modern.
  4. Bibit Tanaman
    Salah satu hal yang sering membuat para petani gagal panen dikarenakan menggunakan bibit tidak berkualitas. Hal ini seharusnya bisa menciptakan peluang usaha bibit pertanian. Ada banyak bibit yang bisa Anda tawarkan sesuai dengan kemampuan seperti bibit tanaman pangan atau aneka varietas hortikultura seperti frutikultur, florakultura, olerikultura, biofarmaka hingga lansekap.
  5. Wisata Agro
    Konsep wisata agro bisa dikembangkan oleh siapapun dengan mengedepankan setiap budi daya baik tanaman hortikultura, perkebunan, tanaman pangan, hingga peternakan, dan perikanan. Saat ini sedang berkembang agrowisata dimana pengunjung harus membayar untuk mendapat pengalaman menanam padi, memetik buah-buahan, memberi makan hewan ternak, hingga menangkap ikan untuk santapan.
  6. Tanaman hias
    Tanaman hias sangat diminati karena menjadi bahan landscape atau hiasan ruangan. Beberapa instansi, perkantoran atau perumahan selalu menggunakan tanaman hias untuk mempercantik lingkungannya. Oleh karena itu bisnis budidaya tanaman hias bisa menjadi prospek bisnis yang menjanjikan. Jangan lupa, perhatikan trend tanaman hias apa yang sedang laku di saat ini. Contoh tanaman hias yang laku di pasaran adalah anggrek, bonsai dan petunia. Menjual tanaman hias tersebut dapat berbentuk bibit maupun dalam pot. Selain diperjual belikan, tanaman hias juga bisa Anda sewakan untuk acara-acara tertentu.
  7. Konsultan untuk Para Petani
    Banyak masyarakat mengeluh dengan hasil pertanian yang terkadang kurang bagus, sehingga membuat para petani harus putar otak bagaimana mencari solusinya. Nah, jika Anda memiliki pengetahuan yang dalam tentang pertanian, maka peran Anda di sini sangat penting untuk menyejahterakan bisnis ini. Selain untuk meningkatkan kualitas produk, Anda juga bisa membantu para petani untuk bisa berinovasi. Diharapkan dengan arahan serta pengetahuan yang diberikan oleh tim konsultan, petani dapat lebih cermat dalam memproduksi hasil pertaniannya.

Bagimana apa kamu tertarik untuk mengembangkan peluang -peluang agribisnis tersebut? (Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *