Aquaponik, Perpaduan Budidaya Ikan dan Tanaman di Lahan Minim

Pernah dengar istilah aquaponik? Pada dasarnya aquaponik merupakan perpaduan antara hidroponik dengan budidaya perairan atau aquakultur. Selain hemat biaya, pertanian aquaponik ini dinilai lebih menguntungkan. Kenapa? karena dalam proses aquaponik ini terjadi simbiosis mutualisme.Tanaman mendapatkan pupuk dari kotoran ikan. Sementara itu ikan mendapat air yang telah dimurnikan oleh tanaman sebagai tempat hidupnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa panen sayur atau buah-buahan dan ikan di lahan yang sama.

Kotoran yang dihasilkan ikan merupakan unsur organik, apabila jumlahnya terlalu banyak akan membahayakan kelangsungan hidup ikan itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya pembersihan. Dalam sistem aquaponik, kolam dibersihkan dengan mengalirkan air dari kolam ke budidaya tanaman dengan menggunakan pompa air. Air dalam kolam menjadi bersih kembali karena air yang mengandung banyak nutrisi tersebut telah diserap tanaman.

Ikan yang bisa dipelihara adalah semua jenis ikan tawar, contohnya nila, gurame, lele, mujair bahkan ikan hias dan koi. Sedangkan Tanaman yang dapat tumbuh secara aquaponik adalah tanaman yang memiliki akar serabut seperti cabai, kangkung, ubi jalar, stoberi,sawi, selada dan tanaman sayur lainnya.

Untuk membuat aquaponik di rumah tidaklah rumit karena inti utamanya adalah mengatur sirkulasi nutrisi dari kolam untuk tanaman. Lalu, komponen apa saja yang diperlukan untuk membuat aquaponik? Berikut daftarnya:

  • Bibit ikan, pilih bibit ikan yang berukuran sedang, tidak terlalu kecil supaya tidak terlalu lama menunggu masa panen
  • Bibit tanaman, gunakan bibit tanaman yang sudah siap tanam dengan kualitas unggul.
  • Kolam untuk memelihara ikan, misalnya berukuran 1 x 2 meter.
  • Instalasi air, yang berfungsi mengalirkan air dari dasar kolam ke media tanam.
  • Mesin pompa air yang berfunsi untuk mendorong air supaya bisa mengalir.
  • Netpot, untuk tempat menanam.

Agar hasilnya maksimal, perbandingan 1 : 2 harus diterapkan. Satu meter kubik kolam untuk dua meter kubik tanaman. Tanaman juga tidak boleh menutupi area kolam secara menyeluruh. Disisakan paling tidak sepertiga area karena ikan juga membutuhkan cahaya untuk hidup.

Banyak manfaat yang bisa di dapat dari pertanian aquaponik ini, antara lain:

  • Kotoran ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik yang baik bagi pertumbuhan tanaman.
  • Sayur atau buah-buahan yang dihasilkan merupakan produk organik karena hanya menggunakan pupuk dari kotoran ikan yang telah melalui proses biologis.
  • Menghasilkan dua produk sekaligus; yaitu sayur dan ikan, dari satu unit produksi.
  • Dapat menghasilkan sayuran segar dan ikan sebagai sumber protein pada daerah-daerah yang memiliki lahan terbatas.
  • Bersifat berkelanjutan dengan perpaduan tanaman dan ikan dan siklus nutrien.
  • Populasi tanaman organik yang dapat ditanam 10 kali lipat lebih banyak. Dengan aquaponik tanaman dapat ditanam dengan kerapatan tinggi dengan sistem terapung di atas air. Sistem ini mampu menampung hingga 10 kali lipat jumlah tanaman pada luasan yang sama. Dan setiap akar tanaman selalu mendapat pasokan air yang kaya akan zat hara.
  • Pemeliharaan yang mudah, tidak memerlukan penyiangan, terbebas dari hama tanah dan tidak memerlukan penyiraman.
  • Bila pertumbuhannya baik, tanaman akan tumbuh lebih cepat.

Disamping banyak manfaatnya, ternyata sistem aquaponik ini memilliki tantangan juga. Seperti investasi awal yang lumayan besar karena untuk membuat kolam ikan serta paralon untuk menyalurkan pupuk. Perawatan juga setiap hari harus dicek salurannya apakah lancar atau tidak.

Lahan yang sempit kini bukan menjadi masalah lagi buat kamu yang hobi budidaya tanaman dan ikan. Bagaimana, apa kamu tertarik budidaya ikan dan tanaman dengan sistem aquaponik? (Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *