Ini Dia Tanaman yang Cocok untuk Roof Garden

Keterbatasan lahan di perkotaan untuk bercocok tanam bisa diatasi dengan metode roof garden. Ya, kini kamu bisa memanfaatkan atap rumahmu untuk berkebun. Istilah bercocok tanam di atap bangunan seperti atap gedung atau atap hunian rumah ini disebut dengan roof garden.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasiannya. Untuk membuatnya, kamu harus mengetahui kriteria dan jenis tanaman roof garden terlebih dahulu.

Kriteria Tanaman Roof Garden
– Pilihlah tanaman yang miliki daya tahan terhadap sinar matahari langsung;
– Pertumbuhan yang lambat dan akarnya tidak menghujam ke bawah seperti palem;
– Menghasilkan bunga agar tampilannya membuat taman terlihat indah;
– Tanaman berbatang langsing, yakni bukan jenis tanaman yang batang dan akarnya akan menjadi semakin membesar sehingga merusak atap dan dinding rumhmu.
– Memiliki banyak cabang agar tampilannya terlihat rimbun dan padat.

Selain mengetahui kriteria tanaman, ada hal lain yang harus diperhatikan juga dalam bercocok tanam dengan sistem roof garden, yakni:

– Pilihlah media tanaman yang memiliki kualitas yang baik bagus setiap jenis tanaman yang dipilih.
– Berikan air sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pasalnya semakin sering terpapar sinar matahari, tanah sebagai media tanamnya akan cepat kering dan mineral yang ada di dalamnya pun akan cepat terserap. Akibatnya tanaman pun membutuhkan air dan pupuk lebih banyak dibandingkan tanaman yang ada di halaman biasa.

Contoh tanaman yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditanam dengan sistem roof garden antara lain: kamboja jepang, kaktus, mawar, melati, jeruk, kembang sepatu, pucuk merah, belimbing, lidah mertua, pandan, dan kucai mini.

(Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *