Jenis – Jenis Lidah Mertua dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Lidah Mertua merupakan tanaman hias yang cukup populer. Disamping mudah perawatannya, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama lain Sansevieria atau Snake Plant ini memiliki karakter utama keras seperti karakter sukulen, tegak, dan ujung meruncing.

Tanaman ini dapat beradaptasi dan berkembang dalam berbagai kondisi dan perawatan yang minim. Lidah Mertua tak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Ia juga dapat hidup dengan pencahayaan yang rendah.

Secara umum, Lidah Mertua terbagi menjadi dua macam.

1. Lidah Mertua yang memiliki daun pendek yang hanya sepanjang 8 sentimeter. Jenis tanaman ini cocok untuk diletakkan di meja tamu, rak di ruang kerja, dan hiasan di pinggir tangga.

2. jenis Lidah Mertua yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 sentimeter. Dengan ketinggian yang mencukupi, tanaman lidah bisa digunakan sebagai pagar atau pembatas ruangan.

Sebenarnya, Lidah Mertua terbagi menjadi 70 jenis, seperti Sansevieria Trifasciata, Pinguicula, Pagoda, dan lain-lain. Lidah Mertua bisa ditanam langsung di tanah jika Anda memiliki lahan yang cukup.

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang memiliki kemampuan menjadi anti-polutan sehingga bisa mengurangi polusi udara.Tanaman hias ini mampu menangani sampai 107 jenis polutan, lebih spesifik lagi terhadap asap rokok. Tak hanya itu, banyak manfaat lain dari Lidah Mertua. Apa saja?

1. Membersihkan Polusi Udara

Studi dari Naresuan University, Thailand menemukan kadar karbon dioksida di ruang kantor dapat berkurang dengan dengan menanam lima lidah mertua sehingga 60-80 cm.

Penelitian dari NASA juga menyatakan lidah mertua dapat menyerap racun di udara seperti benzene, xylene, trichlorethylene, dan formaldehyde. Zat ini berbahaya jika dihirup oleh tubuh karena dapat menyebabkan kanker.

Dikutip dari Rolling Nature, NASA merekomendasikan 15-18 tanaman lidah mertua untuk rumah ukuran sedang hingga besar 167 meter persegi.

2. Mengurangi Sick Building Syndrome

Sick building syndrome adalah kondisi kesehatan yang menurun yang dialami oleh penghuni rumah akibat efek kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Dengan menghadirkan Lidah Mertua, zat-zat berbahaya tersebut akan tersaring sehingga rumah akan terasa segar dan bebas polusi.

3. Membantu Menangkal Alergi

Jika Anda sering bersin setelah bangun tidur, bisa jadi Anda mengalami alergi. Penyebab bersin saat bangun tidur bisa bermacam-macam, bisa karena sensitif terhadap cahaya, rhinitis alergi, atau udara kotor di dalam kamar.

Nah, disinilah waktunya Anda bisa mengambil manfaat lidah mertua. Tanaman lidah mertua dapat membantu menetralisir udara di dalam ruangan, termasuk alergen. Semakin bersih udara di dalam ruangan, maka gejala alergi juga jarang kambuh.

(Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *