Kenali Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Warnanya

Semangkuk potongan buah, tidak hanya menggugah selera karena warna cantiknya. Namun dibalik itu tersimpan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kita. Ternyata beda warna buah dan sayur, beda pula manfaatnya. Mau tahu? Berikut ini ulasannya!

Warna Merah

Buah dan sayur dengan warna merah kaya dengan flavanoid, resveratrol, dan vitamin C. Warna cantik ini diakibatkan oleh sebuah zat bernama likopen, Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Zat ini mampu mengurangi risiko kanker atau penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, likopen ini juga akan menghambat kemunduran fungsi fisik dan mental, sehingga orang yang mengkonsumsinya tidak mudah pikun.

Contoh buah yang berwarna merah antaralain tomat, semangka, strawberry, tomat, kol merah, bayam merah, dan lain-lain.

Warna Ungu atau Biru

Warna ungu dan biru pada sayur dan buah disebabkan oleh pigmen tanaman berupa antosianin. Antosianin tak hanya memberikan warna saja, tapi juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Buah dan sayuran berwarna biru atau ungu seperti anggur, bit, plum, blueberry, terong ungu, dan kol ungu juga ampuh menghancurkan sel kanker dan menangkal kepikunan. Nah, buat kamu yang gampang lupa, lebih sering lagi konsumsi buah dan sayur yang warnanya biru atau ungu ini, ya!

Warna putih

Buah dan sayuran berwarna putih mengandung alicin yang dikenal sebagai antivirus dan antibakteri. Sejumlah riset menunjukkan kalau alicin membantu mengatasi infeksi dan melawan bakteri penyebab racun dalam makanan. Warna putih memiliki arti kalau buah dan sayur tersebut kaya akan kandungan serat dan vitamin C. Oleh karena itu, buah dan sayur berwarna putih sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan daya tahan tubuh.

Kamu bisa menemukan manfaat dari buah dan sayur berwarna putih di buah sirsak, duku, kelengkeng, leci, toge, kol, kembang kol, rebung, jamur, dan lain-lain.

Warna jingga

Wara jingga pada buah dan sayur memiliki arti kalau buah dan sayur tersebut kaya akan kandungan beta dan alfa karoten. Beta dan alfa karoten ini dapat menghambat proses penuaan sel-sel tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memacu sistem kekebalan tubuh kalian sehingga kalian tidak akan mudah terserang penyakit.

Beberapa contoh buah dan sayur yang berwarna jingga adalah ubi jalar, wortel, buah apricot, mangga, melon jingga, pepaya, jeruk, dan lain-lain.

Warna hijau

Dalam kehidupan sehari-hari, warna hijau ini biasanya lebih banyak ditemui pada sayur-sayuran dibanding buah-buahan. Nah, warna hijau ini terbentuk dari klorofil, dimana semakin pekat atau gelap warna hijau pada buah dan sayur, menandakan kalau kandungan vitamin dan mineral di dalamnya semakin banyak. Buah yang berwarna hijau mengandung banyak asam alegat yang mampu menggempur banyak bibit sel kanker dan membantu menormalkan tekanan darah.

Sedangkan sayuran yang berwarna hijau memiliki banyak kandungan vitamin C dan B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat sehingga membuat sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kalian.

Contoh buah dan sayur yang berwarna hijau adalah buah alpukat, melon, anggur hijau, bayam, sawi hijau, daun singkong, kangkung, daun katuk, daun pepaya, selada hijau, dan lain-lain.

Nah, setelah tahu masing-masing manfaat buah dan sayuran berdasarkan warnanya, semoga kamu makin rajin konsumsi buah dan sayur, ya!

(Noe)

About agrikita

Check Also

Manfaat ‘Manis’ Dibalik Pahitnya Daun Pepaya

Berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis dan segar, daun pepaya sudah dikenal memilki rasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *