Tips Agar Tanaman Rajin Berbuah

Bagi kamu yang gemar menanam pohon buah, pasti akan merasa senang dan puas bila pohonmu rajin berbuah dengan lebat. Nah, bagi kamu yang punya pohon buah di rumah tapi selalu bertanya-tanya mengapa tidak kunjung berbuah, mungkin kamu perlu melakukan perlakuan khusus untuk merangsang pertumbuhan buahnya.

Syarat agar tanaman cepat berbuah

Pilihlah bibit tanaman yang bagus dan jangan menanam bibit tanaman yang berasal dari bibit yang mandul. Lingkungan sebagai media tanam harus sesuai syarat mulai dari iklim, sinar matahari, dan curah hujan. Perhatikan juga kondisi tanaman harus sehat dan terbebas dari segala jenis hama serta penyakit.

Berikut ini adalah perlakuan khusus atau kiat -kiat agar pohon buahmu cepat berbuah:

1. Pemangkasan

Untuk dapat mempercepat tanaman berbuah maka lakukanlah cara pemangkasan dengan benar. Pada metode pemangkasan terdapat tiga cara yaitu secara ringan, sedang, dan juga berat. Pemangkasan ringan dilakukan untuk membuang bagian ranting yang sudah tidak lagi produktif.

Manfaat pemangkasan adalah untuk membuat penggunaan energi dari proses fotosintesis lebih efisien sehingga kandungan karbohidrat pada pohon mangga akan meningkat. Selain itu dengan pemangkasan juga dapat membuat sinar matahari bisa merata.

2. Mengurangi daun

Jika tanaman buahmu malah lebat daunnya, buat tanaman tersebut stres sehingga merangsang pertumbuhan bunganya. Caranya, buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

3. Perundukan

Perundukan merupakan teknik untuk merangsang munculnya bunga dengan cara melengkungkan cabang tanaman ke arah bawah sehingga penghambatan aliran fotosintat dari daun ke akar, dan hara tersebut akan terkonsentrasi dan digunakan untuk pembentukan bunga.

Beberapa hal pemicu buah tak kunjung berbuah meskipun sudah banyak berbunga:

– Kurangnya zat nitrogen yang seharusnya ada di dalam air.
– Kurangnya sumber air di dalam tanah.
– Batang bagian bawah pada bibit okulasi sangat buruk.
– Adanya serangga dan terkena hama serta penyakit.
– Iklim yang tidak bersahabat yaitu hujan yang terlalu deras, angin yang begitu kencang, dan kemarau yang berkepanjangan.

(Noe)

About agrikita

Check Also

Ini Dia Tanaman yang Cocok untuk Roof Garden

Keterbatasan lahan di perkotaan untuk bercocok tanam bisa diatasi dengan metode roof garden. Ya, kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *