Umbi Gembili, Alternatif Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

Sobat Agrikita, adakah yang pernah mencicipi umbi gembili? Disamping bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi, umbi gembili ternyata juga terbukti dapat mencegah beberapa penyakit seperti penyakit diabetes mellitus

Memiliki nama ilmiah Disocrea esculenta. Ubi gembili dikenal dengan sebutan ‘mbili’ di daerah Jawa dan ‘ubiaung’ di daerah Bali.

Tanaman gembili biasanya tumbuh di dataran rendah, teman-teman. Namun tumbuhan ini juga bisa ditanam pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Gembili merupakan tanaman umbi-umbian yang bisa hidup di daerah tropis. Tanaman ini menghasilkan umbi yang dapat dikonsumsi manusia. Sama halnya seperti singkong, umbi gembili biasanya direbus sebelum dimakan. Tekstur umbinya kenyal. Umbi gembili pun mirip dengan umbi gembolo, namun ukurannya lebih kecil. Batang dari tanaman gembili ini agak berduri. Tanamannya merambat ke arah jarum jam.

Kandungan gizi pada umbi gembili

Dalam 100 gram gembili, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:
Protein 1,5 gr, Lemak 0,1 gr, Energi 95 kkal, Karbohidrat 22,4 gr, Fosfor 49 mg, Zat besi 1 mg, Kalsium 14 mg, dan Vitamin C 4 mg.

Manfaat Umbi Gembili

– Mengurangi Kolesterol Jahat

Gembili mengandung zat glucomannan yang bersatu dengan protein yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Selain mengurangi kolesterol jahat, zat glucomannan pun ikut meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

– Sebagai Alternatif Pengganti Nasi
Umbi gembili dikenal sebagai bahan pangan pengganti nasi karena kemampuannya untuk mengenyangkan perut. Tidak hanya mengenyangkan perut, rasanya pun juga enak. Orang-orang di pedesaan biasanya mengganti nasi mereka dengan olahan dari tanaman gembili ini.

– Baik untuk Penderita Diabetes
Sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman jenis umbi-umbian termasuk gembili mengandung indeks glikemik tinggi dibandingkan dengan nasi sehingga baik dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes.

(Noe)

About agrikita

Check Also

Ini Dia Tanaman yang Cocok untuk Roof Garden

Keterbatasan lahan di perkotaan untuk bercocok tanam bisa diatasi dengan metode roof garden. Ya, kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *